Lawan Insecure & Raih Ridha Allah
Lawan Insecure & Raih Ridha Allah



Lawan Insecure & Raih Ridha Allah


Bismillahirrahmanirrahim, Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Bagaimana kabarnya? Semoga senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin Allahumma Aamiin.


          Banyak banget nih, pertanyaan yang muncul tentang doi. Eh, Insecure maksudnya, hehe. Kenapa kita Insecure? Apa yang ngebuat kita ngerasa Insecure? Pengen bangkit tapi Insecure terus, gimana ya? Kok mereka hebat banget sih, gak pernah Insecure Apa ya? Nyadar gak kalo selama ini kita suka Insecure? Iya, Kita karena saya juga masih suka Insecure. Padahal nih ya, jika dikaji lebih dalam gak ada loh alasan untuk kita Insecure.


          Percaya? Jangan, percaya sama saya musyrik. Percaya itu sama Allah. Inget ya poin penting yang harus banget kalian catat dan garis bawahi `Janji Allah itu nyata, dan hukum Allah itu Pasti`.


Allah SWT berfirman dalam Surah Al-Baqarah Ayat 216 :


كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ


"Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui".


          Garis besarnya ialah ketika kita beranggapan bahwa sesuatu itu baik maka belum tentu ia baik dihadapan Allah begitupun ketika hal yang kita anggap buruk bisa jadi itulah yang terbaik menurut Allah. Disaat kita menjalani suatu hal atas dasar kebaikan menurut kita sedangkan bagi Allah itu tidak baik untuk kita, maka kita tidak akan mendapatkan kebaikan dari hal tersebut melainkan sebuah kebutuhan. Begitu juga ketika kita melakukan hal terburuk menurut kita tapi ternyata bagi Allah itulah yang terbaik, maka kita akan mendapatkan kebaikan dari hal tersebut bukan keburukannya.


          Kalau udah gitu, apa coba alasan untuk kalian tetap merasakan Insecure? Semuanya sudah Allah atur, sudah Allah tetapkan, dan kita ini makhluk Allah yang akan kembali pada-Nya. Allah SWT berfirman dalam Surah At-Tin ayat 4-6 :


لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِىٓ أَحْسَنِ تَقْوِيمٍ


"Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya".


 ثُمَّ رَدَدْنَٰهُ أَسْفَلَ سَٰفِلِينَ


"Kemudian Kami kembalikan dia ke tempat yang serendah-rendahnya (neraka)",


إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّٰلِحَٰتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ


"Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; maka bagi mereka pahala yang tiada putus-putusnya".


          Kita ini makhluk Allah yang diciptakan dengan sempurna, Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan. Kemudian Allah kembalikan ke tempat serendah-rendahnya kecuali orang beriman dan beramal saleh. Saya katakan bahwa Insecure Bukan suatu perbuatan terpuji, karena rasa tidak percaya itu dapat menimbulkan hal-hal negatif yang menghambat kehidupan kita. Apalagi apabila kita masih Insecure setelah mengetahui bahwa tidak ada alasan yang bisa buat kita Insecure. Itu sama saja dengan kufur terhadap nikmat yang telah Allah berikan.


          Kenapa seperti itu? Dengan tidak percaya artinya kita telah meragukan Allah secara tidak langsung. Dengan masih merasa Insecure artinya kita tidak benar-benar yakin dengan Allah. Karena Allah telah menciptakan kita dengan sebaik-baiknya penciptaan, kemudian kenapa kita masih ragu dan Insecure? Adakah bukti dari rasa Insecure yang kita alami? Tidak, melainkan sebuah kecemasan berlebih yang menghambat perkembangan diri.


          Lawanlah Insecure Untuk meraih Ridha Allah, Tumbuhkan Kepercayaan Diri kita Karena Allah. Ketika sedang merasa Insecure, berhenti sejenak dan renungkan lah kekuasaan Allah SWT, Bersyukurlah.


Jazakumullah khoir Katsiran, Wassalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Profil Penulis


Nama    : Pitriani


Alamat  : Kec. Banjaran Kab. Majalengka


Prodi     : Ilmu Hukum


KONTAK

  • https://www.instagram.com/ldkrm.unigal/
  • https://web.facebook.com/ldkrm.unigal.7
  • https://www.youtube.com/channel/UCtREDahXLODDvqz48phcO-A
  • https://twitter.com/ldkrm_unigal

LOKASI UNIGAL

DIKELOLA OLEH

Admin
Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh

2021 © Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh